Kantongi Rekomendasi Mendag, Pembangunan Pasar Cik Telan Anggaran Rp80 Miliar

Kantongi Rekomendasi Mendag, Pembangunan Pasar Cik Telan Anggaran Rp80 Miliar
Kepala Disperindag Pekanbaru, Zulhelmi Arifin

PEKANBARU - Pembangunan gedung Pasar Cik Puan di Jalan Tuanku Tambusai segera dilanjutkan. Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru, telah meminta bantuan anggaran ke pemerintah pusat untuk melanjutkan pembangunan gedung yang mangkrak. 

Pemko Pekanbaru, sudah mendapatkan rekomendasi dari Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan untuk kelanjutan pembangunan Pasar Cik Puan.

"Pak menteri (Mendag) sudah rekomendasikan pembangunan Pasar Cik Puan. Seperti yang beliau sampaikan (saat peresmian Pasar Palapa), yang membangun adalah Kementerian PUPR," kata Kepala Disperindag Kota Pekanbaru Zulhelmi Arifin, Selasa (25/6).

Ia menuturkan, rekomendasi dari Mendag lantaran biaya pembangunan pasar di atas Rp6 miliar berada di bawah kewenangan Kementerian PUPR.

"Karena anggarannya besar, maka harus rekomendasi dari Kemendag. Kalau tidak ada rekomendasi, Kementerian PUPR tidak bersedia membangun," terang Ami, sapaan akrabnya. 

Dengan sudah adanya rekomendasi dari Mendag, Pemko Pekanbaru berharap pembangunan lanjutan Pasar Cik Puan dapat segera dilakukan. Diharapkan pembangunan ini bisa berlangsung pada tahun 2025 besok. 

"Alhamdulillah sudah ada rekomendasi, harapan kita tentu tahun depan bisa dimulai pembangunannya," jelasnya. 

Seperti diketahui, pembangunan Pasar Cik Puan di Jalan Tuanku Tambusai, Kecamatan Sukajadi, Pekanbaru, telah terhenti sejak 2012 lalu. Bangunan berlantai tiga tersebut terbengkalai tanpa dinding. 

Untuk kelanjutan pembangunan, Pemko Pekanbaru membutuhkan anggaran sekitar Rp80 miliar. Kebutuhan anggaran tersebut sudah diajukan pada 2023 lalu dalam bentuk proposal ke Kementerian Perdagangan.

Berita Lainnya

Index